Software layer merupakan salah konsep utama yang harus diketahui, dikenali, dimengerti dan diimplementasikan pada saat akan membangun sebuah perangkat lunak (software). Software Layer terbagi menjadi empat lapisan, yaitu :
1. A Quality Focus 2. Process 3. Methods 4. ToolsGambar 1. Lapisan Perangkat Lunak Secara Umum Resources : Software Engineering - A Practitioner's Approach Roger S. Pressman, 2003, McGraw-Hill. 1. A QUALITY FOCUS (FOKUS KUALITAS) Pada saat kita membangun sebuah aplikasi, Fokus pertama kali yang dibuat adalah Kita akan membangun kualitas yang seperti apa, siapa sasaran kita, aplikasi yang dibangun siapa pengguna dan lai-lain, Oleh karena itu FOKUS KUALITAS ini programmer akan mengetahui level sebuah aplikasi yang dibangun. Misalnya akan dibangun APLIKASI PEMUTAR MUSIC. Dengan berpatokan pada FOKUS KUALITAS maka Programmer akan mengetahui sampai dimana aplikasi yang akan dibangun. File Music bisa beraneka ragam mulai dari MP3, MP2, AUDIO TRACK, WAV, MDI dan lain-lain. Dengan mengetahui, Aplikasi ini dibuat untuk File music apa, maka programmer akan mengetahui segala hal yang berhubungan dengan program yang dibuat. Apakah aplikasi yang dibuat akan mendukung untuk MP3, MP2, WAV, OGG, TRACK atau yang lainnya. Jika dilihat dari segi Interaksi Manusia dan Komputer, maka dengan FOKUS KUALITAS programmer akan mengetahui bentuk dari aplikasi yang akan bangun. 2. PROCESS Process atau Proses adalah merupakan lapisan kedua dalam SOFTWARE LAYER, Lapisan ini terletak setelah QUALITY FOCUS, hal ini disebabkan setelah diketahui Fokus Kualitas dari Perangkat Lunak yang akan dibangun, maka pemrogram harus mengetahui bagaimana proses yang harus dijalani oleh pemrograman sehubungan dengan Fokus Kualitas dari Perangkat Lunak yang diharapkan, Proses-proses ini dilakukan terurut dan tepat, agar tidak terjadi kesalahan pada saat sebuah aplikasi di Launching. Proses-proses yang ada akan dikerjakan sesuai dengan Kunci Proses Area yang ada (KPA/Key Process Area). 3. METHODS Methods atau Metode merupakan salah satu hal yang penting dalam Pembuatan Perangkat Lunak. Dengan metode, pembuat program akan melakukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang sesuai dengan metode yang ada. Metode yang digunakan harus disesuaikan dengan perangkat lunak yang dibangun, dan tujuan dari pembuatan perangkat lunak. 4. TOOLS Tools merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh programmer dalam menyelesaikan proyek yang ada. Mulai dari tools animasi tools multimedia, tools normalisasi dan lain-lain. Misalnya : X3D, power designer, paintshop pro, etc. NOTE : Bedakan proyek perangkat lunak yang dibangun untuk keperluan AKADEMIK dan proyek perangkat lunak untuk PROJECT.
Makasih atas info nya :
Apa yang dimaksud dengan NOTE di atas…antara AKADEMIK dan PROJECT..mohon penjelasannya mas….
AKADEMIK :
Maksudnya adalah Pembuatan Aplikasi Perangkat Lunak didunia Perkuliahan (KULIAH) dimana kita akan ditanya tentang proses, Paradigma, Program, bahkan
Normalisasi dan lain-lain.
PROJECT :
Maksudnya Pembuatan Aplikasi Perangkat Lunak untuk dunia Bisnis. Disini Kita tidak pernah ditanya, programnya seperti apa, bagaimana dll, yang penting
Program Jadi sesuai permintaan.
Akademik adalah Kebutuhan bagi para Mahasiswa atau yang sedang kuliah..Sedangkan untuk PROJECT artinya kita tidak perlu berfikir tetnang model apa yang digunakan, metode apa yang dipakai, tapi bagaimana membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan dukungan fungsionalitas aplikasi berjalan sesuai dengan tujuannya
nice post
terimakasih
Terimakasih kakak
trimakasih untuk tambahan pengetahuan yang di share ini, semoga lebih bermanfaat
sangat memuaskan
sangat bermanfaat